STAIMA SINTANG & ASOSIASI PENGHULU REPUBLIK INDONESIA (APRI) KABUPATEN SINTANG MENGADAKAN MoU DAN SEMINAR KELUARGA

ByRedaktur

STAIMA SINTANG & ASOSIASI PENGHULU REPUBLIK INDONESIA (APRI) KABUPATEN SINTANG MENGADAKAN MoU DAN SEMINAR KELUARGA

Sintang, 28 Maret 2022 tepat di Aula Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif Sintang, Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kabupaten Sintang mengadakan kegiatan Memorandum of Understanding (MoU) bersama STAIMA Sintang dan sekaligus mengadakan Seminar Keluarga dengan Tema Membangun Rumah Tangga Bahagia.

Perguruan tinggi, ibarat sebuah organisasi. Dalam praktik penyelenggaraan pendidikan yang bermutu, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Kerja sama yang dilakukan perguruan tinggi penting dilaksanakan untuk menyiapkan mahasiswa yang siap pakai. Lulusan yang memiliki kompetensi dan memiliki kualifikasi sesuai dengan kebutuhan industri. Untuk itu, Perguruan Tinggi perlu membuat perencanaan kerja sama yang sesuai dengan profil program studi. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kinerja dan mutu Perguruan Tinggi. Selain itu, kerja sama juga menguntungkan Perguruan Tinggi dalam hal promosi, reputasi, kepercayaan, networking, kontribusi bagi masyarakat dan industri serta menimbulkan kepercayaan diri mahasiswa.

Ketua Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kabupaten Sintang Bapak M. Mashuri, S.Ag dan sekaligus Kepala KUA Sepauk menyampaikan dalam sambutannya pentingnya kepada masyarkat khususnya bagi mahasiswa STAIMA Sintang untuk mengetahui tentang bagaimana solusi dalam mengatasi konflik rumah tangga dengan memberikan tips-tips menuju rumah tangga harmonis. Selain itu pula Bapak Manshuri, S.Ag berharap dengan adanya kegiatan diharapkan dapat menambah pengetahuan bagi peserta khsusnya mahasiswa STAIMA Sintang.

Ketua STAIMA Sintang, Bapak Muhammad Faisal, M.MPd dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak APRI yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada Mahasiswa STAIMA Sintang, selain itu Ketua STAIMA Sintang menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada APRI Kabupaten Sintang  karena telah melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat khususnya dalam membina umat yang ada di Kabupaten Sintang dan , semoga kegiatan ini akan membawa manfaat bagi para peserta, sehingga hasilnya nanti dapat di Implementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Ketua STAIMA Sintang berharap dengan adanya kegiatan seminar ini bahwa generasi millenial perlu untuk mempersiapkan perbekalan dan mengetahui ilmu-ilmu pernikahan guna mempertahankan keharmonisan dalam keluarga ketika berumah tangga. Selain itu juga Muhammad Faisal menyampaikan mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini membawa manfaat bagi mahasiswa STAIMA Sintang dan menjadi bekal bagi mahasiswa dan berharap kegiatan ini dapat menjadi kegiatan yang berkelanjutan.

Selanjutnya Bapak Yayu Wahyudin, S.Pd.I selaku Penghulu Ahli Muda KUA Kecamatan Ketungau Tengah yang menjadi pemateri dalam Seminar Rumah tangga menyampaikan bahwa perkawinan adalah perbuatan yang sangat mulia dihadapan Allah Swt., tentunya harus kita jaga dan pertahankan keutuhannya. Suatu keluarga yang penuh kebahagiaan, penuh rasa marhamah dan mawaddah adalah tujuan dari suatu perkawinan. Sebagaimana kita ketahui setiap perjanjian bagaimanapun bentuknya terdapat suatu hak disamping ada suatu kewajiban apalagi dalam suatu perjanjian akad perkawinan. Dalam hal mensukseskan kebahagiaan rumah tangga terdapat satu faktor yang tak boleh kita abaikan ialah adanya saling usaha untuk menutupi kekurangan yang lain dalam arti saling menambah kekurangan atau mengurangi  kelebihan. Bapak Yayu Wahyudin, S.Pd.I menyampaikan pula didalam agama Islam dasar sika seorang suami terhadap isterinya juga ada ketentuannya. Sikap seorang suami terhdap isterinya dapat dipergunakan sebagai ukuran dan standar sampai dimana nilai dan derajat seorang pria, dengan kata lain seorang pria yang baik budinya adalah yang bersikap baik pada isterinya. Sebaliknya seorang pria yang tidak baik adalah yang buruk sikapnya terhadap istrinya.

Dalam kegiatan ini dihadiri pula oleh Kepala KUA Kayan Hulu Bapak Jemari, S.Hi, Kepala KUA Kelam Permai Bapak Istiwansyah, S.Ag, Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan STAIMA Sintang, Ketua Jurusaan Tarbiyah STAIMA Sintang dan mahasiswa Jurusan Syari’ah Prodi Hukum Keluarga Islam STAIMA Sintang. Admin

About the author

Redaktur administrator

Leave a Reply