MEMPERERAT SILATURAHMI BERSAMA MASYARAKAT SINTANG: BAKTI SOSIAL DAN ZIARAH MAKAM MAHASISWA STAIMA SINTANG

ByRedaktur

MEMPERERAT SILATURAHMI BERSAMA MASYARAKAT SINTANG: BAKTI SOSIAL DAN ZIARAH MAKAM MAHASISWA STAIMA SINTANG

Sintang/ Senin, 21 Maret 2022 mahasiswa STAIMA Sintang melakukan bakti sosial  di beberapa pemakaman yang ada di Sintang ini sekaligus melakukan ziarah ,hal ini guna memperkuat jiwa sosial kita kepada masyarakat sekitar dan kepedulian kita terhadap hal di sekitaran kita . Bakti Sosial Mahasiswa merupakan salah satu bentuk program kerja Pengabdian Masyarakat yang dilakukan secara rutin oleh Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif Sintang, sebagai wujud pelaksanaan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Bersih makam merupakan salah satu kearifan lokal yang kaya akan nilai-nilai berwawasan kesehatan yang masih terjaga hingga kini. Sudah menjadi tradisi warga Sintang, dalam menyambut menjelang datangnya bulan Ramadhan warga ramai-ramai melakukan gotong royong membersihkan lingkungan, utamanya lingkungan makam. Dalam hal ini Himpunan Mahasiswa Jurusan Tarbiyah dan Syari’ah, melakukan ziarah dan bersih makam. Adapun Pemakaman yang pertama di datangi adalah kompleks pemakaman Raden Muhammad Mangku Negara di daerah keraton Sintang dan Pemakaman Muhammad Sjamsoeddin atau Sultan Nata , pemakaman ini merupakan bagian besar dari raja raja yang menyebarkan Islam di Sintang , pembersihan sekaligus ziarah pertama di lakukan oleh anak anak HMJ Tarbiyah STAIMA Sintang,yang di pimpin langsung oleh ketua STAIMA Sintang, Ketua HMJ dan ketua BEM STAIMA Sintang dan atas perizinan ketua STAIMA Sintang .

Kegiatan sosial ini merupakan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat Sintang , dimana juga dibulan sya’ban ini kita diperintahkan untuk mempersiapkan diri kita mulai dari kebersihan dan lain-lain sebaginya hal ini dilakukan untuk menyongsong kita dalam menyambut bulan suci ramadhan . Tak hanya itu kegiatan ini juga telah mendapatkan izin dari petuah dan penjaga makam tersebut ,bahwa beliau sangat mengizinkan Mahasiswa STAIMA Sintang untuk melakukan bakti sosial dan ziarah di komplek pemakaman tersebut,masyarkat sekitar daerah pemakaman  sangat mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa STAIMA Sintang yang telah memberikan sumbangsihnya kepada masyarakat disini dalam membantu membersihkan makam tersebut .

Ketua STAIMA Sintang, Bapak Muhammad Faisal, M.MPd menyambut baik kegiatan mahasiswa STAIMA Sintang dalam kegiatan ziarah dan bersih pemakaman. Muhammad Faisal menyampaikan diharapkan dengan dilaksankannya Bakti Sosial Mahasiswa ini dapat menumbuhkan serta menanamkan jiwa sosial dalam diri mahasiswa itu sendiri. Selain itu dengan adanya Bakti Sosial ini diharapkan dapat menciptakan pribadi-pribadi mahasiswa yang lebih peka terhadap permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat baik dari segi sosial, ekonomi ataupun lainnya. Selain itu hal ini juga kita lakukan untuk menyambut bulan yang agung yaitu bulan suci Ramadhan,dan banyak sekali fadilah Fadilah pada bulan sya’ban ini guna menyambut bulan suci ramadhan.

Nur Ifni Oktavia selaku Ketua HMJ Tarbiyah dalam kegiatan ini mengatakan, Kegiatan bakti sosial ini juga dilakukan sebagai ajang silaturahmi antar warga, sekaligus sosialisasi kebersihan lingkungan sekitaran makam. Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini kita bisa terus mempererat jalinan silaturahmi antar warga dan lebih meningkatkan iman islam kita,”ujarnya

Kegiatan ini pula didampingi oleh ketua HMJ Syari’ah, Jumalim menyampaikan Tujuan diadakannya kegiatan Bakti Sosial ini adalah untuk menumbuhkan rasa simpati dan empati serta kepedulian sosial dalam masyarakat dan menambah amal perbuatan di bulan Ramadhan ini dan juga Bakti Sosial ini memiliki tujuan untuk meningkatkan dan mempererat tali persaudaraan.

Responsip dari masyarakat sekitar sangat sangat baik mereka banyak sekali mengucapkan ribuan terimakasih kepada mahasiswa STAIMA atas kegiatan kerja bakti yang dilakukan mahasiswa ini ,begini kata masyarakat sekitar “kami selaku masyarakat di daerah keraton ini mengucapkan banyak ribuan terimakasih kepada mahasiswa STAIMA yang telah melakukan bakti sosial di tempat kami ini , semoga kebaikan saudara semua mendapatkan balasan dari Allah “ucap salah seorang warga daerah tersebut. Pembersihan dilakukan oleh Hmj tarbiyah dan Syariah bersama ketua STAIMA Sintang pada hari ini ,tak lepas juga respon masyarakat sekitar sangat sangat baik , mereka bahkan membuatkan air es untuk kami yang melakukan pembersihan didaerah tersebut hal itu menandakan bahwa masyarakat sekitar sangat senang dengan adanya program dari mahasiswa STAIMA ini .

Sebagai penutup kami melakukan tahlil dan membaca doa di pemakaman tersebut yang dipimpin langsung oleh ketua STAIMA Sintang. Admin/HMJ Tarbiyah

About the author

Redaktur administrator

Leave a Reply