Kuliah Kerja Lapangan: STAI Ma’arif Sintang Mengabdi di Desa Temawang Muntai

Voltare seorang Penulis dan Filsuf Prancis pernah berkata “Saya tahu tidak ada orang-orang hebat kecuali mereka memiliki pengabdian besar pada kemanusian.”

Penyerahan Mahasiwa/i KKL STAI Ma’arif ke Desa

Mahasiswa/i Semester 7 STAI Ma’arif Sintang tahun ini kembali mengabdi kepada masyarakat melalui program KKL (Kuliah Kerja Lapangan) dengan tema “Pemberdayaan Potensi  Desa Guna Mengembangkan Pendidikan yang Berkesinambungan.”. KKL merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh P3M STAI Ma’arif Sintang yang dilaksanakan setiap tahunnya. Bukan hanya sebatas memenuhi SKS Mata Kuliah tetapi juga sebagai bentuk tanggung jawab STAI Ma’arif Sintang kepada masyarakat.

Kegiatan berlangsung sejak Jum’at, 15 Februari 2019 dimulai dengan pembukaan sekaligus pembekalan kepada mahasiwa/i yang akan terjun di masyarakat. Pembukaan kegiatan diwakili oleh Bapak H. Sofyan Hamzah,. MM selaku wakil Ketua 1 Bidang Akademik STAI Ma’arif Sintang. Beliau menyampaikan bahwa mahasiswa/i perlu sekali melakukan kegiatan KKL yang merupakan salah satu proses belajar di dalam masyarakat.Menurut Bapak Zainal Fuadi D. M.Pd.I selaku ketua panitia KKL menjelaskan bahwa tahun ini desa yang menjadi tempat pengabdian adalah Desa Temawang Muntai. Sebuah desa yang berada di Kecamatan Sepauk, Kabupaten Sintang. 

Pembekalan dilaksanakan sejak Pukul 13.00 WIB hingga pukul 19.30 WIB. Serta dilanjutkan keesokan harinya pada Sabtu, 16 Februari 2019, dengan pelepasan sekaligus penyerahan mahasiswa/i ke desa pengabdian berjalan dengan lancar meski rombongan yang diantar langsung oleh wakil ketua 1 bidang akademik, ketua panitia dan team. Perjalanan yang harus melewati medan yang berlumpur tidak menyurutkan semangat mahasiwa/i KKL STAI Ma’arif Sintang untuk bisa mengabdi kepada Masyarakat.

Kegiatan penyerahan mahasiswa/i di Desa Kemawang Muntai disambut baik oleh Kepala Desa, Bapak Andi beserta pemangku adat dan jajarannya. Kepala desa berharap, silaturahmi sekaligus pengabdian mahasiswa/i ini dapat berjalan baik dan lancar (Admin).