Karhutla dan Kabut Asap: STAI Ma’arif Sintang Gelar Shalat Istisqo’

Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi mengakibatkan kabut asap disejumlah kabupaten di Kalimantan Barat. Kabut asap yang muncul hampir kurang lebih selama sebulan ini memberikan dampak cukup besar baik kesehatan, ekonomi bahkan kepada satwa-satwa yang rumahnya kini hangus terbakar. Di Lansir dari website Tribunpontianak.com pada Jum’at, 20 September 2019 kondisi udara kota Pontianak sudah dibatas ambang dan tidak sehat.

Pelaksanaan Shalat Istisqo’ (Doc: Dede Dacca Sompie)

Hari ini kabut masih terlihat tebal menutup langit kota Sintang, matahari juga masih belum terlihat jelas, namun  padi hari ini  pula Sabtu, 21 September 2019 Seluruh Mahasiswa/I STAI Ma’arif Sintang melaksanakan shalat istisqo berjamaah di lapangan Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif Sintang. Rangkaian shalat yang dilakasanakan dimulai dengan shalat Dhuha berjamah dan kemudian dilanjutkan dengan shalat Istiqo’. Adapun yang bertuga menjadi imam dalam pelaksanaan shalat Istisqo’ adalah Bapak Sobirin dan Khotib yaitu Bapak Amin Sodik, S.Hi., M.M., .

Dalam Khutbah yang disampaikan oleh Bapak Amin Sodik, S.Hi., M.M beliau menyampaikan kepada seluruh jamaah shalat untuk sama-sama merenung dan terus memohon ampun dan  berdoa atas kabut asap yang menimpa Kalimantan.

Khutbah shalat Istisqo’ Oleh Bapak Amin Sodik, S.Hi., M.M (Doc: Dede Dacca Sompie)

Pelaksanaan shalat Istisqo’ ini juga di hadiri oleh seluruh civitas akademika STAI Ma’arif Sintang dan juga Ketua stai Ma’arif Sintang Bapak Muhammad Faisal, M.MPd ditemani wakil ketua 1 Bidang  Akademik Bapak H. Sofyan Hamzah, M.M dan wakil ketua 3 bidang kemahasiswaan Bapak Nanang Zakaria, M.Pd.I.

Beliau menjelaskan bahwa pelaksanaan shalat ini merupakan bentuk harapan agar segera di beri turun hujan dan kabut ini segera usai. Beliau juga menghibau kepada seluruh mahasiswa/I dan seluruh civitas untuk tetap menjaga kesehatan dan tetap menggunakan masker jika berpergian. (Admin)