KEPALA PUSDIKLAT KEMENAG RI: JIKA INGIN BAHAGIA SELAMANYA CINTAILAH PROFESI ANDA

ByRedaktur

KEPALA PUSDIKLAT KEMENAG RI: JIKA INGIN BAHAGIA SELAMANYA CINTAILAH PROFESI ANDA

Sintang/1 April 2022, Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif (STAIMA) Sintang mengadakan kegiatan Workshop Peningkatan Profesi Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif Sintang oleh Pemateri Dr. Imam Safe’i, M.Pd. (Kepala Pusdiklat Kementerian Agama RI).

Dalam sambutannya Ketua STAIMA Sintang Bapak Muhammad Faisal, M.M.Pd mengajak kepada rekan-rekan dosen untuk dapat meningkatkan profesionalisme dalam memberikan pelayanan yang terbaik dengan selalu berprinsip pada Customer Satisfaction, yang dilandasi oleh semangat kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas. Ketua STAIMA Sintang juga menambahkan dengan perubahan era yang cepat dosen memiliki keharusan untuk melakukan penyesuaian dalam menjalankan tugas dalam mendidik mahasiswa. Tidak hanya menghasilkan mahasiswa yang memiliki kompetensi tetapi mahasiswa yang memiliki karakter dan berakhlak juga diperlukan.

Dr. H. Imam Safe’i, M.Pd dalam kegiatan workshop menyampaikan bahwa dosen harus melengkapi dengan kompetensi personal. Dosen tidak harus lebih pintar ketimbang mahasiswa. Tetapi dosen harus mampu mengubah mahasiswa menjadi lebih baik, harus mampu memintarkan mahasiswa. Semua mahasiswa adalah pintar dan semua mahasiswa akan menjadi jenius.

Mari melakukan peningaktan SDM untuk menambah wawasan Dosen STAIMA Sintang. “Adapun strategi yang harus dilakukan dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) Profesional dan andal harus dengan 4S, yaitu : (1) Spirit; (2) Solid; (3) Speed; dan (4) Smart. Faktor strategis dalam sebuah lembaga atau perguruan tinggi adalah tergantung kepada SDM serta hebat tidaknya suatu lembaga pendidikan itu tergantung SDM yang professional,” ujar Imam Safe’i.

Selain itu pula Kepala Pusdiklat menyampaikan bahwa STAIMA Sintang harus mempunyai suatu kekhasan serta harus adanya branding dosen. Pada dasarnya kekuatan brand seseorang harus dipupuk jauh-jauh hari. Kekuatan itu tidak hadir secara tiba-tiba. Tentu saja hal ini harus dipikirkan secara matang karena membangun citra diri memerlukan proses panjang. Personal branding adalah sebuah seni membangun persepsi orang-orang yang kita pilih dari waktu ke waktu. Citra diri kuat dapat membentuk pribadi cemerlang. Sebuah Brand sangatlah penting terutama yang berhubungan dengan profesi dan institusi.

Dalam Workshop Peningkatan Profesi Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif Sintang hadir pula Ketua BPP STAIMA Sintang Bapak Drs. KH. Muhammad Gozali, M.H. dan Dosen-dosen STAIMA Sintang. Admin

About the author

Redaktur administrator

Leave a Reply