Tim Asesor BAN-PT Lakukan Visitasi Prodi Ahwal Al-Syakhshiyah di STAI Ma’arif Sintang

Senin, 12 Maret 2018 dua Asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yakni Prof. Dr. M. Yasir Nasution, MA dari Universitas Islam Negeri  Sumatera Utara danDr. Ahmad Tholabi, MA dari Universitas Islam Negeri Syrarif Hidayatullah Jakarta, melakukan visitasi pada Program Studi Al- Ahwal Al-Syakhshiyah Jurusan Syariah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ma’arif Sintang. Keduanya tiba di Kabupaten Sintang pukul 10.00  WIB  di Bandara Susilo Sintang, kedatangan keduanya dijemput langsung oleh Ketua STAI Ma’arif Sintang beserta  Ibu ketua prodi dan beberapa staf.

Program Studi Ahwal Al-Syakhshiyah STAI Ma’arif Sintang merupakan program studi hukum keluarga islam satu-satunya saat ini yang ada di Kabupaten Sintang, dan oleh sebab itu civitas akademika khusunya prodi berupaya keras dalam mempersiapkan akreditasi program studi. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Ketua STAI Ma’arif Sintang mengatakan bahwa team akreditasi sudah menyiapkan semaksimal mungkin hal-hal terkat visiitasi dan serangkaian proses akreditasi ini, beliau juga meyampaikan untuk hasilnya kita berharap bisa mendapatkan nilai yang terbaik sehingga dapat terus meningkatkan kualitas maupun kuantitas prodi.

Kegiatan visitasi dimulai dari pembukaan yang dibuka langsung oleh Prof. Dr. M. Yasir Nasution, MA. Beliau menyampaikan bahwa tujuan akreditasi sendiri adalah mendorong prodi untuk melakukaan pembinaan, perbaikan dan mempertahankan atau meningkatakan mutu suatu prodi. Kegiatan ini sangatlah penting bagi suatu prodi maupun institusi. Beliau juga menyampaikan bahwa prodi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah STAI Ma`arif Sintang memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi lebih baik.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan presentasi borang dari prodi dan institusi, wawancara asesor kepada mahasiswa/i Al-Ahwal Al-Syakhshiyah sekaligus dosen dan mengunjungi laboratorium peradilan semu, laboratorium komputer, kantor jurusan, perpustakaan, ruang kelas dan melihat-lihat sarana dan prasarana serta prosedur pelayanan prodi.

Ahwal Al-Syakhshiyah merupakan prodi yang masih relatif muda saat ini, sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua Prodi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah Ibu Nanda Himatul Ulya, M.HI menjelaskan  bahwa proses akreditasi adalah proses mutlak yang harus dilewati oleh setiap prodi untuk mendapatkan pengakuan secara formal yang diberikan ole BAN-PT  terhadap kompetensi prodi.

Kegiatan visitasi ini ditutup dengan penanda tanganan berkas dan penyerahan berita acara oleh asesor kepada Ketua Prodi dan Ketua Sekolah Tinggi sekaligus menutup acara site visit tahun 2018 prodi Ahwal Al-Syakhshiyah.

Selanjutnya, segenap civitas akademika STAI Ma’arif Sintang, Prodi Ahwal Al-Syakhshiyah, sekaligus seluruh mahasiswa/i terus berdo’a selalu untuk kemajuan Institusi ( HS).