STAIMA Sintang Selenggarakan Doa Bersama Menjelang UN SMA Sederajat

IMG_5963 - CopySINTANG (2/4/2017) – Dalam rangka menjelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA Sederajat, Sekolah Tinggi Agama Islam Ma`arif (STAIMA) Sintang menyelenggarakan “DOA BERSAMA” pada hari Minggu, 2 April 2017. Selain dalam rangka bermunajat kepada Allah SWT agar mendapatkan kemudahan dalam melaksanakan Ujian Nasional, acara ini juga bertujuan membangun silatirahmi antara masyarakat Kabupaten Sintang secara luas dengan STAIMA Sintang.

Acara “DOA BERSAMA” diawali dengan sambutan dari Ketua Panitia Nanang Zakaria, M.Pd.I, yang dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua STAIMA Sintang Muhammad Faisal, M.M.Pd. Dalam sambutannya, Ketua STAIMA Sintang menyampaikan bahwa kehidupan ini tidak hanya didasarkan pada hubungan yang sifatnya horizontal yakni antara makhluk dengan makhluk lainnya, tetapi lebih dari pada itu di balik semuanya terdapat hubungan vertikal yang harus dibangun antara makhluk dengan sang Khaliq, karena segala sesuatunya pasti sudah ditetapkan oleh-Nya. Manusia kemudian hanya bisa berencana dan berdoa tetapi Allah yang menentukan. Beliau juga menambahkan bahwa dimana pun kalian melanjutkan studi baik di Jawa, Jakarta, Pontianak ataupun bahkan di Sintang yang pasti kalian adalah penerus bangsa yang akan melanjutkan estafet pemerintahan dan akan meneruskan cita-cita Bangsa Indonesia.

Rangkaian acara “DOA BERSAMA” dipimpin langsung oleh Ust Muhammad Rizal Iqomuddin yang diawali Istighosah dan dilanjutkan dengan Taushiyah. Dalam taushiyahnya Ust Rizal menyampaikan “Usaha tanpa doa adalah sombong sedangkan doa tanpa usaha adalah bohong.” Oleh karenanya antara usaha dan doa harus selalu berjalan secara berdampingan, karena satu sama lain saling mempengaruhi. Selain usaha yang bersifat lahiriyah dengan bersungguh-sungguh dalam belajar, diperlukan juga usaha yang bersifat batiniyah yakni dengan berdoa kepada Allah SWT.

Acara diselenggarakan di Aula STAIMA Sintang. Lebih dari 150 siswa/i kelas XII SMA Sederajat di Kabupaten Sintang turut hadir dalam acara tersebut, diantaranya SMAN 1 Sintang, SMAN 2 Sintang, SMAN 3 Sintang, SMAN 4 Sintang, MAN Sintang, SMK Muhammadiyah, SMA Muhammadiyah, MAS Al-Ma`arif, SMK Nurul Ma`arif, MAS Mujahidin, SMA Muhajidin, SMAN 1 Sei. Tebelian, SMKN 1 Dedai, SMKN 1 Kelam Permai, dan SMAN 1 Kelam Permai. (Nanda)