STAIMA Sintang Laksanakan Pembekalan Kuliah Kerja Lapangan Angkatan Ke-X

SINTANG – Pembekalan KKL yang digelar oleh P3M STAIMA Sintang, kemarin tanggal 21 – 22 Januari 2017 sukses digelar. KKL kali ini adalah KKL yang ke-X yang digelar oleh P3M STAIMA Sintang, lokasi KKL kali ini terletak di Kecamatan Semitau dan Kecamatan Hulu Gurung yang berada di Kabupaten Kapuas Hulu. Mahasiswa yang mengikuti pembekalan KKL tersebut berjumlah 22 orang mahasiswa, dan telah dibagi menjadi 2 kelompok, sesuai dengan jumlah desa yang akan menjadi lokasi KKL. Jumlah tersebut juga merupakan gambaran mahasiswa yang akan menjadi peserta KKL. Adapun nama-nama lokasi KKL yang akan menjadi ditempati oleh mahasiswa adalah Desa Semitau Hulu  Kecamatan Semitau dan Desa Landau Kumpang Kecamatan Hulu Gurung.

Kegiatan pembekalan tersebut dihadiri oleh Ketua STAIMA Sintang, Muhammad Faisal, M.M.Pd, Wakil Ketua Bidang Akademik, H. Sofyan Hamzah, M.M, Wakil Ketua Bidang Administrasi dan Keuangan, H. Anuar Akhmad, M.M, Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan, Nanang Zakaria, M.Pd.I, Ketua Jurusan Tarbiyah, Masruri, M.Pd.I, Ketua Jurusan Syari’ah, Nanda Himmatul Ulya, M.H.I, Kepala P3M, Muhammad Muhajir, M.Pd.I. dan seluruh civitas akademika Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif Sintang.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia, Muhammad Muhajir, M.Pd.I. menyampaikan bahwa pengabdian pada masyarakat merupakan bagian dari tridarma perguruan tinggi yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa tanpa terkecuali. Sebagai insan akademik, dosen dan mahasiswa mempunyai tanggung jawab secara keilmuan kepada masyarakat. Bentuk tanggung jawab itu salah satunya diwujudkan dalam bentuk Kuliah Kerja Lapangan yang kali ini mengambil tema sentral “Pengabdian pada Masyarakat Tematik Posdaya Berbasis Masjid”. Beliau berharap mahasiswa mampu memberikan kontribusi positif, baik dalam bentuk fisik maupun non fisik, terlebih lagi dalam bentuk konsep dan gagasan konstruktif demi pembangunan sumber daya manusia.

Kegiatan pembekalan ini secara resmi dibuka oleh Ketua STAIMA Sintang, Muhammad Faisal, M.M.Pd. Dalam sambutannya beliau berpesan agar mahasiswa tampil aplikatif. Artinya mahasiswa harus dapat mencerminkan pribadi yang saleh, baik, berakhlakul karimah serta mampu menunjukkan sebagai pribadi yang intelektual yang mampu menyelesaikan problematika umat. Karena RIMG_4771asulullah sar bersabda: “Sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak memberikan manfaat.” Dengan demikian, mahasiswa harus mampu menunjukkan kesalehan sosialnya di masyarakat dimana lokasi pengabdian dilaksanakan.

Pembagian kelompok mahasiswa dilaksanakan oleh panitia sehari sebelum pelaksanaan pembekalan, dimana satu kelompok terdiri dari 11 orang mahasiswa. Setelah itu mahasiswa diberi materi pembekalan yang pertama yaitu “Essensi Kuliah Kerja Lapangan Posdaya Berbasis Masjid” yang disampaikan oleh Ketua Bidang Akademik, H. Sofyan Hamzah, M.M. Dari penyampaian materi tersebut, diharapkan mahasiswa mendapat gambaran tentang bagaimana sebenarnya bentuk program Kuliah Kerja Lapangan yang akan dijalani. Karena seluruh mahasiswa yang mengikuti pembekalan kemarin, belum pernah mengikuti KKL sebelumnya.

Dalam kegiatan pembekalan tersebut, mahasiswa dibekali lagi dengan 3 materi lainnya, yakni “Optimalisasi Peran Masjid sebagai Pusat Pemberdayaan Umat” oleh Ketua MUI Sintang, Drs. H. Ulwan, M.Pd.I., “LAZIS: Penguatan Ekonomi Umat dengan Zakat” oleh H. Anuar Akhmad, M.M., dan “Manajemen Marketing dan Pola Rekruitment Mahasiswa Baru” oleh Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan, Nanang Zakaria, M.Pd.I. Dari ketiga materi tersebut, diharapkan mahasiswa yang akan mengikuti KKL kali ini dapat memberikan gagasan baru kepada masyarakat mengenai konsep pemberdayaan umat dalam Islam. Oleh karena itu, mahasiswa harus mampu mendeteksi situasi dan potensi daerah, serta dapat memahami karakteristik masyarakat pedesaan di tempat mereka KKL, sehingga mahasiswa yang akan KKL dapat menjaga hubungan baik dengan masyarakat, dapat menjaga adat istiadat setempat, dapat menyesuaikan diri dengan masyarakat setempat, dan lain sebagainya.

Dihari terakhir, mahasiswa diberikan materi “Penyusunan Rencana Program Kerja dan Pelaporan KKL” oleh Kepala P3M STAIMA Sintang, Muhammad Muhajir, M.Pd.I. Diharapkan dari materi tersebut, mahasiswa dapat menggunakan buku panduan KKL tersebut dengan baik, sehingga dapat mengikuti KKL dengan baik, termasuk dapat membuat laporan dengan baik.

Setelah selesai acara pembekalan, mahasiswa segera menyiapkan diri untuk menuju ke lokasi KKL mereka masing-masing keesokan harinya. Pelepasan peserta KKL direncanakan akan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 23 Januari 2017. (@bangmoeh)