STAI Ma’arif Sintang Adakan Workshop Penyusunan dan Pengembangan Kurikulum KKNI

Perguruan Tinggi merupakan lembaga yang memiliki peran penting dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Dalam hal ini maka kurikulum menjadi bagian penting yang perlu disusun dan dikembangkan. Sebagaimana yang disampaikan oleh DIKTI di lamannya, bahwa pemerintah telah menerbitkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dalam bentuk Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012, dan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, dan mendorong semua perguruan tinggi untuk menyesuaikan diri dengan ketentuan tersebut.

Kegiatan Pembukaan Workhsop

Dari hal tersebut STAI Ma’arif Sintang sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Islam di Sintang melaksanakan proses pengembangan kurikulum KKNI. Sejak Selasa, 13-15 Agustus 2019, STAI Ma’arif Sintang melangsungkan kegiatan ‘Workshop Penyusunan dan Pengembangan Kurikulum Berbasis KKNI Bagi Jurusan Tarbiyah dan Syariah’.

Kegiatan didampingi langsung oleh Bapak Dr. H. Edi Kurnanto, M.Pd., Selaku Ketua LPM IAIN Pontianak dan Bapak Sumin, S.E., M.Si Selaku kepala PTID IAIN Pontianak. Sebagaimana yang disampaikan oleh keduanya bahwa, kurikulum merupakan bagian yang paling penting di dalam Perguruan Tinggi dan dalam membentuk SDM yang dapat diperlukan di masyarakat. Beliau berdua juga menyampaikan bahwa dalam penyusunan dan pengembangan kurikulum berbasis KKNI ini amat dibutuhkan semangat yang besar sehingga pengerjaan harus dilakukan berkelanjutan.

Kegiatan Penyusunan dan Pengembangan Kurikulum

Bapak Muhammad Faisal, M.MPd., Juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala P3M Bapak Muhammad Muhajir, M.Pd.I selaku Ketua panitia kegiatan, Bapak Zainal Fuadi D, M.Pd.I Selaku Sekretaris Jurusan Tarbiyah, Bapak Ahmad Miftahudin, M.H., Selaku Ketua Jurusan Syariah, Bapak Aldi Sofiandi, S.H., M.Kn., Selaku dosen tetap Jurusan syariah, Bapak Sobirin, M.Pd.I dan Bapak Masruri., M.Pd.I, Bapak Nanang Zakaria, M.Pd.I., serta seluruh staf yang telah membantu keberlangsungan kegiatan. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini di tutup di Rumah Kopi Bupati Sintang. (Admin)