STAI Ma’arif Gelar Seminar Nasional Guru Profesional

IMG_6408
SINTANG – Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif Sintang menggelar Seminar Nasional bertajuk Professional Teachers for Better Education, Sabtu (13/2/2016) di Aula KPU Sintang. Pada seminar tersebut hadir Prof. Dr. H. E. Mulyasa, M.Pd. sebagai speaker. Beliau merupakan Guru Besar UPI Bandung sekaligus Ketua Program Pasca Sarjana di Universitas Islam Nusantara Bandung.
Mulyasa mengungkapkan, saat ini hanya 43% guru yang memenuhi syarat profesional, sementara 57% guru keprofesionalannya masih dipertanyakan. Padahal jika mengacu pada SNP, guru profesional adalah sebuah keniscayaan, jika tidak maka akan terpinggirkan.

“SNP yang telah ditetapkan pemerintah hendaknya dipahami untuk dipedomani. Namun, kenyataannya masih banyak guru yang tidak memahami SNP dan undang-undang serta peraturan-peraturan yang berkaitan dengan pendidikan dan kependidikan,” ujarnya.
Beliau menjelaskan langkah praktis menuju guru profesional yang pertama kali harus dilakukan adalah meluruskan niat, kemudian persiapkan diri dengan ikhlas, kondisikan suasana PAKEM, dimana saja kapan saja belajar, berdayakan teknologi, jangan diperdaya oleh teknologi.
Untuk mewujudkan semua itu perlu dimulai dengan prinsip write what you do, and do what you write. Karena seringkali para guru melakukan apa yang tidak ditulis dan menulis apa yang tidak dilakukan.
Seminar tersebut diikuti kurang lebih 150 orang yang terdiri dari guru dan kepala sekolah. Peserta tampak sangat antusias mengikuti kegiatan seminar tersebut. Bahkan, salah seorang peserta mengungkapkan mestinya kebersamaan ini dapat berlangsung hingga 3-4 hari, sehingga mereka dapat berdiskusi dan sharing banyak hal.
Prof. Dr. H. E. Mulyasa dihadirkan tidak hanya untuk mengisi seminar nasional, melainkan juga untuk memberikan stadium general dan pelatihan bagi para dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif Sintang yang direncanakan akan dilaksanakan Ahad (14/2/2016) di Aula STAI Ma’arif Sintang. (bangmoeh-red).