Safari Ramadan ke Lebak Ubah (Bagian 2)

13689333_120300000038326821_1621507952_nTerperosok kedua kalinya ini masuk ke kubangan lumpur cukup dalam. Untungnya hanya satu mobil rombongan yang terperosok. Sehingga mobil yang lain digunakan untuk menarik dari kubangan lumpur. Akhirnya, rombongan kami lolos.

Tepat 5 menit sebelum adzan maghrib, rombongan kami tiba di satu-satunya masjid di desa lebak ubah. Masjid dengan nama Masjid Al Istiqomah itu berdiri dengan megahnya. Akan tetapi belum rampung pengerjaannya. Sedangkan yang masih digunakan masyarakat adalah Masjid lama tepat sebelah kiri Masjid Baru.

Kedatangan rombongan Safari Ramadhan STAI Ma’arif Sintang  disambut ketua masjid dan tokoh masyarakat setempat. Kamipun dipersilakan masuk kerumah warga yang berada dekat disekitaran masjid. Suasana kekeluargaan begitu kami rasakan, sehinga hidangan berbuka kami santap dengan lahap.  Alhamdulillah.

Selepas jamaah salat maghrib, rombongan kamipun terpecah.  Ketua STAI Ma’arif Sintang, Bapak Muhammad Faisal, M.M.Pd harus kembali ke Kota Sintang dikarenakan ada kunjungan mendadak dari Kementerian Agama RI Jakarta. Sehingga rombongan yang melanjutkan safari ramadan tinggal berlima.

Safari ramadhan di Masjid Al-Istiqomah ini mempunyai agenda salat isya dan tarawih berjamaah dan dilanjutkan dengan acara ceramah. Salat berjamaah dipimpin oleh imam dari tim safari ramadhan STAI Ma’arif Sintang yaitu Ustaz Muhammad Zuhri.

Dalam acara, sambutan ketua masjid menyatakan, bahwa masyarakat meminta agar hubungan yang terjalin selama ini dengan keluarga besar Ma’arif Sintang tetap terjaga. Karena memang banyak peserta didik dari desa lebak ubah yang mengenyam pendidikan di Lembaga Pendidikan Ma’arif, khususnya kabupaten Sintang. Dan harapan ke depannya tali silaturahim ini tetap terjaga.

Sedangkan sambutan Ketua STAI Ma’arif Sintang, diwakili Oleh Masruri, M.Pd.I. beliau menyatakan ucapan terima kasih dan berjanji menjaga hubungan yang sudah ada. Bahkan, memberikan bantuan beasiswa langsung bagi masyarakat setempat yang direkomendasikan pengurus masjid untuk melanjutkan pendidikan S1 di STAI Ma’arif Sintang.

Acara yang dihadiri kurang lebih 60 jamaah tersebut diakhiri dengan ceramah yang disampaikan oleh Ustaz Muhammad Rifqi. Jamaah begitu antusias mendengarkan ceramah yang disampaikan oleh ustaz Rifqi. Ustaz Rifqi menghimbau tentang pentingnya sadaqah jariyah dan pahalanya. Mengingat belum rampungnya masjid baru yang dibangun sejak tahun 2011 tersebut sudah menelan biaya lebih dari 3 M yang merupakan warisan sesungguhnya bagi anak cucu masyarakat lebak ubah. (Fuad)