PELEPASAN PESERTA KKL-TEMATIK 2015

Rabu, 4 Februari 2015

IMG_1896Melawi – Sebanyak 68 Mahasiswa Semester VIII Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif Sintang mengikuti pelepasan Kulian Kerja Lapangan (KKL) di aula Kantor Camat Nanga Pinoh. Acara pelepasan Kulian Kerja Lapangan (KKL) kali ini dihadiri seluruh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), pejabat struktural dan Ketua STAIMA Sintang serta Camat Nanga Pinoh beserta Kepala Desa masing-masing lokasi tujuan. Mahasiswa tersebut nantinya akan disebar di 3 desa dari 2 kecamatan yang meliputi Desa Kelakik, Desa Semadin Lengkong dan Desa Tanjung Paoh.

Seluruh mahasiswa dan Dosen Pembimbing Lapangan Meluncur dari kampus STAIMA Sintang sekitar pukul 08.30. Meraka beriring-iringan menuju Kabupaten Melawi, tepatnya di Kecamatan Nanga Pinoh. Setibanya di Kantor Camat seluruh peserta dan Dosen pembimbing Lapangan serta Pejabat STAIMA disambut hangat oleh Camat Nanga Pinoh dan seluruh jajarannya dengan penuh hangat.

Aimulnija mengatakan bahwa setiap mahasiswa pasti pernah dan akan menjalani kegiatan KKL, dimana pada saat itulah kesempatan mahasiswa untuk mengaplikasikan sekaligus belajar langsung dari dan kepada masyarakat. Oleh karena itu, waktu yang ada hendaknya dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Bahkan beliau menceritakan pengalamannya ketika menjadi mahasiswa, baik ketika menempuh Program S1 maupun Program Pascasarjana. Beliau berbagi pengalaman, bahwa yang harus dijaga ketika menjalani kuliah adalah menjaga motivasi dan semangat menuntut ilmu. Karena jika semua itu tidak dimiliki mahasiswa, kemungkinan untuk berhasil menyelesaikan kuliah sangat kecil.

Tujuan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) yaitu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan mental dan spiritual serta memberikan kesempatan kepada setiap mahasiswa untuk belajar mengatasi permasalahan atau mencari problem solving yang ada di tengah-tengah masyarakat serta memberikan kecakapan hidup Life Skill bagi masyarakat. [bgmoeh]