Muhammad Faisal Pimpin Safari Ramadhan

IMG_0636SINTANG-Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif Sintang, Muhammad Faisal, M.M.Pd. pimpin Safari Ramadhan STAI Ma’arif Sintang Tahun 2016 pada Kamis (23/6) ke Desa Nanga Dedai Kecamatan Dedai Kabupaten Sintang. Kunjungan ini tepatnya ke Masjid Nurul Iman Nanga Dedai dan bertepatan dengan perayaan Peringatan Hari Besar Islam, yaitu Nuzulul Quran.
Tim safari ramadhan kali ini terdiri dari Muhammad Faisal, M.M.Pd. (Ketua), Nanang Zakaria, M.Pd.I. (Sekretaris Jurusan), Muhammad Muhajir (Kepala P3M), Ustaz Muhammad Zuhri (PP Nurul Ma’arif Sintang) dan Ustaz Muhammad Rifqi (PP Darul Ma’arif Sintang). Tim safari ramadhan disambut hangat oleh Ustaz Syahrul dan Pengurus Masjid Nurul Iman lainnya. Kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah dan buka bersama.
Rombongan tim safari ramadhan tiba di Nanga Dedai pukul 17.20 waktu setempat. Perjalanan cukup memakan waktu dan melelahkan karena kondisi jalan yang benar-benar memprihatinkan.
“Kunjungan kali ini merupakan agenda rutin STAI Ma’arif Sintang dalam rangka menjalin silaturahim antara STAI Ma’arif Sintang dengan masyarakat Nanga Dedai. Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan dalam rangka mensosialisasikan penerimaan mahasiswa baru dan program beasiswa calon dai. Program ini adalah program baru,” ucap Ketua STAI Ma’arif Sintang dalam sambutannya.
Lebih lanjut Faisal menyampaikan Nanga Dedai merupakan daerah pemukiman warga melayu yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Oleh karena itu, Desa Nanga Dedai menjadi sasaran utama sosialisasi program beasiswa calon dai kecamatan yang merupakan program antara STAI Ma’arif Sintang yang bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Sintang.
Program ini dilaksanakan dalam rangka untuk mempersiapkan calon dai di setiap kecamatan. Ia menghimbau kepada masyarakat untuk turut serta dalam salah satu kegiatan pembangunan nasional, yaitu pendidikan. Bahwa pendidikan adalah sebuah tanggung dan tuntutan bagi setiap manusia. Oleh karenanya, maka sebagai orang tua wajib menuntut dan memberikan pendidikan agama yang layak bagi putra/putrinya. Ia juga mengajak masyarakat untuk terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Alllah SWT dengan cara meningkatkan ibadah dari berbagai aspek kehidupan.
Sementara itu, Ketua PHBI Kecamatan Dedai, Kurniadi, S.Pd. menyampaikan terima kasih atas kunjungan tim safari ramadhan STAI Ma’arif Sintang. Kunjungan ini tentu sebagai wujud komunikasi yang baik antara STAI Ma’arif Sintang dengan masyarakat Nanga Dedai. Kegiatan ini juga dapat menjadi wadah dalam menyampaikan persoalan yang tengah dihadapi masyarakat terutama yang berkaitan dengan permasalahan keagamaan.
Kurniadi juga menyebutkan bahwa kegiatan ini juga sebagai wujud komitmen dan tanggung jawab para alim ulama dalam pembinaan kehidupan beragama warganya.
Dalam ceramahnya, Ustaz Rifqi juga mengingatkan bahwa tanggung jawab orang tua adalah menjaga keluarganya dari siksa api neraka. Yaitu dengan memberikan pendidikan agama yang baik dan cukup untuk bekal ke akhirat. Jika orang tua tidak sanggup memberikan pendidikan agama yang cukup, dapat disekolah ke pesantren-pesantren terdekat seperti PP Darul Ma’arif dan PP Nurul Ma’arif atau ke STAI Ma’arif Sintang.
Beliau juga menjelaskan akan pentingnya mempunyai anak yang saleh, karena ia merupakan asset di akhirat bagi orang tua. Anak yang saleh tidak hanya memberikan kebaikan di dunia, tetapi juga membawa kebaikan di akhirat.
Di akhir kunjungan safari ramadhan Ketua STAI Ma’arif Sintang menyerahkan bantuan berupa Al-Qur’an kepada pengurus masjid setempat.(bgmoeh)