Mahasiswa KKL (Kuliah Kerja Lapangan) STAIMA Sintang Siap Mengabdi

Penyambutan Peserta KKL di desa Merapi Bersama KEMENAG Kab. Sintang, Ketua STAIMA, Kepala Desa dan Ketua YAYASAN Al Igdham

Minggu, 04 Februari 2018, Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif (STAIMA) Sintang menghantarkan  mahasiswa/I dalam melaksanakan tugas pengabdian atau yang biasa dikenal dengan sebutan KKL (Kuliah Kerja Lapangan) ke desa Merapi, Kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau.
Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya dan merupakan kegiatan yang dibawahi oleh LP3M STAIMA Sintang. Mahasiswa/i akan melaksanakan tugas selama kurun waktu 1 bulan di desa pengabdian.

Menurut Ketua panitia pelaksana KKL, Zainal Fuadi D, M.Pd.I menjelaskan bahwa kegiatan ini sudah rencanakan jauh hari untuk dilaksanakan di Desa Merapi, Sekadau. STAIMA Sintang memang selalu mengirimkan mahasiswa/i untuk melakukan kegiatan lintas kabupaten. Tahun lalu kegiatan KKL sukses dilaksanakan pada dua desa di Kabupaten Kapuas Hulu dengan tema KKL berbasis Masjid. Beliau juga menyampaikan kegiatan ini sudah berlangsung sejak Sabtu, 03 Februari 2018. Dimulai dengan pembukaan dan pembekalan KKL.

KKL (Kuliah Kerja Lapangan) tahun ini, STAIMA Sintang sengaja mengusung tema KLL berbasis Pendidikan. Tema ini sengaja diangkat guna mencetak kader-kader lulusan yang nantinya menerapkan sebaik-baiknya metode pembelajaran di tempat mengabdi masing-masing. Selain itu basis kegiatan ini merupakan ajang pembelajaran bagi setiap mahasiswa/i untuk menerapkan apa yang sudah didapat di sekolah dan masyarakat di desa pengabdian.

Kegiatan yang berlangsung di Desa Merapi inipun resmi disambut langsung oleh Kepala Desa Bapak Saleh Sy, S.Pd.I dan dihadiri oleh Ketua Kementrian Agama Kabupaten Sintang Bapak H. Anuar Akhmad, MM, Ketua Staima Sintang Bapak Muhammad Faisal, M.MPd dan ketua Yayasan Al Igdham yang juga anggota DPRD Kab. Sekadau. Sebagaimana yang disampaikan dalam sambutannya ketua yayasan Al Igdham begitu bersyukur atas kedatangan mahasiswa/i KKL di desa Merapi.

Kepala desa dan seluruh lapisan masyarakat menyambut hangat kedatangan mahasiswa/i dari STAIMA Sintang, hal sebagaimana yang disampaikan beliau dalam sambutan yang mengatakan bahwa upaya yang dilakukan begitu baik untuk melaksanakan kegiatan pengabdian di Desa Merapi selain itu seluruh lapisan Masyarakat juga siap membantu jika ada hal-hal yang diperlukan, bahkan sangat mengharapkan mahasiswa/i yang mengabdi dapat menjalan kewajiban semaksimal mungkin serta bisa ikut belajar bagaimana mengajar langsung di sekolah-sekolah di desa Merapi. Semoga pengbdian ini menjadi amal jariyah bagi kita semua. Begitu yang disampaikan oleh lulusan dari Jombang ini.