Kuliah Umum Bersama Dr. H Jamiat Akadol, M.Si, MH

Pembukaan Kuliah Umum bersama
Dr. H. Jamiat Akadol, M.Si, MH

Penguatan karakter mahasiswa dalam menjaga keanekaragaman, sepertinya merupakan hal yang perlu terus kita pahami dan pelajari saat ini. Sebagaimana yang disampaikan oleh Bapak Dr. H. Jamiat Akadol, M.Si, MH yang sekaligus merupaka rektor Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syaifudin Sambas, dalam kuliah umum semester ganjil bersama seluruh Mahasiswa/i STAI Ma’arif Sintang.

Acara yang dilaksanakan Pada Jum’at, 15 November 2019 ini berjalan dengan lancar. Acara dimulai dengan pembukaan yang dibuka langsung oleh Ketua STAI Ma’arif Sintang di dampingi oleh wakil ketua dan kemudian dilanjutkan dengan kuliah umum. Acara pembukaan juga dihadiri oleh rombongan civitas dari IAIS Sambas yang turut mendampingi Bapak Dr. H. Jamiat Akadol, M.Si, MH.

Dengan tema “Penguatan Kakter Mahasiswa Dalam Menjaga Keanekaragaman Menuju SDM Unggul Indonesia Maju.” Beliau menyampaikan dengan begitu lugas dan semangat kepada seluruh mahasiswa/i yang hadir. Rektor IAIS Sambas ini juga menyampaikan bahwa, kita lahir dari banyak perbedaan, mulai dari bahasa, adat istiadat yang amat sangat perlu kita hargai untuk sama-sama menjaga keutuhan NKRI.

Beliau juga menggambarkan betapa beranekaragamannya budaya di Indonesia dengan menggambar pulau Kalimantan yang bisa ditempati oleh 3 negara sekaligus. Tidak hanya itu, beliau juga meminta mahasiswa untuk kritis melihat tujuan atas setiap aktivitas, apakah berdampak baik atau hanya membawa ketidak nyamaan bagi lingkungan. Sehingga lahirlah SDM yang memiliki karakter yang kuat dalam memandang keberagaman.

Dari penyampaian kuliah umum yang beliau sampaikan, mahasiswa/i juga antusias bertanya tentang berbagai macam permasalahan yang terjadi.

Acara ditutup dengan tepuk tangan riuh dan penjelasan motto hidup beliau yang berbunyi “Saya kecewa maka saya sekolah.”