Kembangkan Penelitian dan Publikasi Karya Ilmiah: STAIMA Sintang Hadiri Orientasi di UMP

Peserta kegiatan Orientasi Penelitian dan Pembuatan Karya Tulis Ilmiah PTAI Se-Kalimantan Barat beserta Narasumber

Senin, 15 Mei 2017, STAIMA Sintang mengikuti kegiatan Orientasi Penelitian dan Pembuatan Karya Tulis Ilmiah  di Universitas Muhammadiyah Pontianak. Kegiatan yang diusung oleh Kopertais wilayah XI Kalimantan dan UMP sebagai  tuan rumah memberikan pengenalan baru tentang tata pengolahan Jurnal dan manfaat penelitian bagi  dosen pada masing-masing kampus.

Kegiatan ini diikuti oleh PTAI (Perguruan Tinggi Islam) Kalimantan Barat, memberikan wawasan baru dan khususnya bagian P3M (Pusat Penelitian dan Pengembangan Masyarakat) tentang tata kelola karya tulis ilmiah yang baik dan menghibau kepada para dosen serta mahasiswa melakukan inovasi terbaru melalui penelitian.

Narasumber Profesor Dr. H. Mujiburrahman, MA salah satu guru besar dari IAIN Antasari Banjarmasin menjelaskan betapa pentingnya penelitian. Menurut Profesor yang menamatkan kuliah jenjang S3nya di Belanda ini menjelaskan bahwa penelitian begitu penting, namun betapa pentingnya hasil penelitian harus dituangkan ke dalam sebuah tulisan. Jadi antara menulis dan meneliti sangat erat kaitanya. Beliau juga menambahkan bahwa peran sebagai seorang dosen atau pendidik bukan hanya di kelas tapi juga harus ditunjung dengan melakukan penelitian dan menulis. Menulis dalam kaca mata ini adalah menulis ilmiah yakni menuangkan hasil-hasil penelitian atau riset ke dalam sebuah jurnal yang kemudian dapat dinikmati public dan terasa kebermanfaatannya. Terkait penelitian beliau juga menuturkan sebuah kalimat motivasi yakni “ bahwa ada yang sedikit tahu banyak hal dan ada yang banyak, sedikit tahu hal.“

Tidak hanya dari Profesor Mujiburahman materi juga disampaikan oleh  Dr. Irfan Noor, M.Hum. Materi yang beliau sampaikan seputar publish jurnal dengan sistem OJS (Open Journal System). OJS adalah sistem manajemen konten berbasis web khusus yang menangani publikasi ilmiah dari proses call for paper, peer review, hingga penerbitan ke dalam bentuk on-line. Program yang dikeluarkan oleh public knowledge project dari Simon Fraser University dan berlisensi GNU General Public License. Menurut beliau sistem OJS ini sangat membantu dan melatih para dosen dan peneliti untuk bisa mempublish jurnal tidak hanya di rumah sendiri dalam artian bisa mengisi di jurnal-jurnal ilmiah keislaman milik kampus lain atau bahkan bisa menulis di jurnal-jurnal Internasional. Beliau juga menekankan dan menghibau untuk para dosen dan peneliti agar berperan aktif dalam penilitian.

Dari hasil kegiatan tersebut, Muhammad Muhajir, M.Pd.I selaku Ketua P3M STAIMA Sintang mengatakan bahwa perlu adanya perbaikan-perbaikan dalam sistem publikasi jurnal di STAIMA. Ke depannya beliau juga berharap kepada seluruh komponen STAIMA Sintang, tidak hanya dosen tetapi juga mahasiswa untuk turut aktif berproses melakukan penelitian-penelitian misalnya lewat ajang PKM (Pekan kreativitas mahasiswa) bagi mahasiswa atau Program dana hibah pagi dosen.