Kegiatan KKL Staima Sintang Tahun 2013

DSC_0916
DSC_0922
Tri dharma perguruan tinggi adalah salah satu dasar tanggung jawab mahasiswa yang harus dikembangkan secara simultan dan bersama-sama, serta harus disadari betul oleh semua mahasiswa agar dapat tercipta mahasiswa yang sadar akan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Salah satu dari tri dharma perguruan tinggi adalah pengabdian pada masyarakat. Dharma pengabdian pada masyarakat harus diartikan dalam rangka penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah dikembangkan di perguruan tinggi, khususnya sebagai hasil dari berbagai penelitian. Pengabdian pada masyarakat merupakan serangkaian aktivitas dalam rangka kontribusi perguruan tinggi terhadap masyarakat yang bersifat konkrit dan langsung dirasakan manfaatnya dalam waktu yang relatif pendek. Aktivitas ini dapat dilakukan atas inisiatif individu atau kelompok anggota civitas akademika perguruan tinggi terhadap masyarakat maupun terhadap inisiatif perguruan tinggi yang bersangkutan yang bersifat nonprofit (tidak mencari keuntungan). Dengan aktivitas ini diharapkan adanya umpan balik dari masyarakat ke perguruan tinggi, yang selanjutnya dapat digunakan sebagai bahan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi lebih lanjut.
Bentuk dari pengabdian tersebut salah satunya diwujudkan dalam bentuk Kuliah Kerja Lapangan (KKL). Pada tanggal 1 April 2013 yang lalu, Staima Sintang memberangkatkan 125 mahasiswa dalam kegiatan KKL Tahun 2013. Kegiatan KKL tersebut tersebar di tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sekadau dan Kabupaten Sintang.
Kegiatan KKL tersebut bertujuan sebagai sarana latihan bagi mahasiswa agar terampil berperan sebagai motivator dan inovator dalam pelaksanaan pembangunan masyarakat serta dalam rangka mensukseskan program pemerintah untuk mempercepat dan memantapkan proses pembangunan pedesaan.
Pembukaan KKL Staima Sintang di Kabupaten Sintang yang ditempatkan di Kecamatan Kelam Permai dipimpin oleh Camat Kelam Permai, yaitu Bapak Drs. Mariadi, M.Si. Camat Kelam menyambut baik kegiatan mahasiswa KKL tersebut. Bahkan beliau memfasilitasi aneka kebutuhan mahasiswa di lapangan. Dalam sambutannya Ketua Staima Sintang mengingat agar mahasiswa menjaga nama baik almamater Staima Sintang dengan selalu menunjukkan perilaku positif serta dapat memberikan kemanfaatan kepada masyarakat sekitar.
Selesai acara pembukaan KKL, mahasiswa langsung menuju ke lokasi masing-masing. Desa yang dijadikan tempat kegiatan KKL Staima Sintang adalah Desa Kebong, Desa Merpak, Desa Tauk dan Desa Empaci. Sementara itu kegiatan KKL di Kabupaten Sekadau dilakukan di Desa Rawak Hulu dan di Kabupaten Sanggau dilaksanakan di Desa Beringin.
Adapun target yang ingin dicapai dalam kegiata KKL tersebut adalah kegiatan fisik dan non-fisik. Pada kegiatan fisik mahasiswa melakukan perbaikan atau pembangungan tempat ibadah dan fasilitas umum lainnya. Sementara itu kegiatan non-fisik lebih difokuskan pada implementasi keilmuan akademik melalui kegiatan pemberantasan buta aksara latin dan arab (al-Quran). (bangmoeh)
DSC_0100
DSC_0124

Leave a Reply

Your email address will not be published.