Bupati dan Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif Sintang Tandatangani Nota Kesepahaman Bersama

IMG_0660Untuk pengembangan institusi serta meningkatkan fungsi Tridarma Perguruan Tinggi, Pemerintah Kabupaten Sintang dengan Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif Sintang menandatangani Kesepakatan Bersama, Kamis (30/6). Penandatanganan dilaksanakan di Masjid Miftahul Jannah Sintang oleh Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M.Med.Ph. dan Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif Sintang, Muhammad Faisal, M.M.Pd..

Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif Sintang dalam sambutannya mengungkapkan, penandatanganan pada hari ini merupakan formalitas administratif atas kerjasama yang akan dilaksanakan lima tahun ke depan. Kerjasama yang dilakukan ini berangkat dari keyakinan bahwa pembangunan akan berhasil bila ada sinergi dari semua pihak.

Ruang lingkup kesepakatan bersama ini meliputi peningkatan kualitas Sumber daya Manusia, melalui bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, pertukaran informasi dan data ilmiah serta penyelenggaraan pertemuan ilmiah. Selain itu juga pemanfaatan fasilitas, sarana, penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengabdian kepada masyarakat.

Kesepakatan bersama yang berlaku selama lima tahun dan dapat diperpanjang ini selanjutnya akan ditindaklanjuti dalam bentuk Perjanjian Kerjasama. Diantara wujud kesepakatan tersebut adalah dukungan pemerintah dalam program beasiswa dai-daiyah daerah 3T yang diberikan kepada utusan tiap-tiap kecamatan. Calon penerima beasiswa tersebut diharapkan dapat kembali ke daerahnya untuk turut serta membangun daerah dan masyarakatnya bersama pemerintah.

Bupati dalam sambutannya menyambut baik kerjasama ini dan diharapkan dapat membawa kemajuan dan kesejahteraan Kabupaten Sintang. Seluruh SKPD diharapkan segera menindaklanjuti kerjasama yang telah ditandatangani pada sore hari ini. Bupati juga berharap Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif Sintang dapat membantu meningkatkan kualitas SDM masyarakat, khususnya dalam mencetak tenaga pendidik profesional.

Dalam kesempatan tersebut juga disebutkan adanya cita-cita untuk mengembangkan Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif Sintang menjadi institut. Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif Sintang menambahkan pengembangan akan dilakukan berdasarkan potensi yang ada di wilayah timur Kalimantan Barat. (bgmoeh)