Budayakan ‘Get, Write and Do’

you-are-what-you-do-not-what-you-say-wyou-will-dooleh: Muhammad Muhajir

Allah swt karuniakan manusia dengan indera yang lengkap. Salah satu fungsi indera itu adalah menerima pengetahuan. Setiap hari, mata kita tentu melihat, telinga mendengar, dan hati kita dapat merasakan sesuatu –yang mungkin diantara sekian banyak- informasi itu ada yang baru. Itu semua adalah pengetahuan yang kita peroleh. Bayangkan, andai saja manusia setiap manusia menulis semua pengetahuan yang didapat dari inderanya, baik mata, telinga maupun hatinya, tentu akan banyak pula karya yang dapat dihasilkan.
Namun, pada kenyataannya semua itu tidaklah mudah dilakukan. Bukan saja oleh orang awam, yang tak pernah bersentuhan dengan pena dan alat tulis lainnya baik yang manual maupun yang canggih. Guru, yang dianggap sebagai sumber atau gudang ilmu sedikit sekali jumlahnya yang mau menulis dan mengembangkan ilmu yang dimilikinya. Bahkan, dosen yang mempunyai ‘kewajiban’ menulis pun, masih banyak dijumpai yang tidak mempunyai karya tulis.
Berbicara tentang pendidikan, sudah dimaklumi bahwa tugas pendidik (guru dan dosen) adalah mempersiapkan rencana pembelajaran. Untuk pendidikan dasar dan menengah dikenal dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPS), sementara di tingkat pendidikan tinggi disebut dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Apapun itu istilahnya, pada hakikatnya sama saja, setiap pendidik wajib mempersiapkan lesson plan sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan. Permasalahan yang seringkali ditemukan adalah pendidik melakukan kegiatan pembelajan tanpa membuat lesson plan, kalau pun membuat lesson plan, itu tidak dipedomani dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Akibatnya, pendidik seringkali melakukan hal yang tidak direncanakan/ditulis dan menulis sesuatu yang tidak dilakukan.
Langkah praktis untuk mengatasi semua itu dapat dimulai dengan write what you do, and do what you write. Jangan pernah berpikir, apa yang ditulis tidak ada manfaatnya, tidak berharga, sehingga semua sikap itu mengurungkan niat kita untuk menulis dan berkarya. Apapun yang kita tulis, sekecil apapun itu pasti akan ada manfaatnya. Justeru dimulai dari yang kecil itulah yang akan membawa kita pada sesuatu yang besar. So, jangan pernah takut untuk berkarya. Mulailah dari yang kecil, mulailah dari diri sendiri dan mulailah saat ini juga. (bgmoeh)